1.500 Siswa SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang Dapat Edukasi Safety Riding

Notification

×

Iklan

Iklan

client=ca-pub-6094612490852452

Indeks Pos

1.500 Siswa SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang Dapat Edukasi Safety Riding

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 15:48 WIB Last Updated 2023-01-18T15:59:18Z
Sahabat-otomotif.com - PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Jawa Barat secara rutin memberikan edukasi keselamatan berkendara untuk seluruh lapisan masyarakat. Pada masa pandemi ini, edukasi safety riding diberikan secara virtual melalui webinar oleh para instruktur safety riding DAM.

Pada bulan Agustus ini sebanyak 1.500 Pelajar dan 100 Guru SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang mengikuti pelatihan safety riding yang dibagi ke dalam 4 batch pada tanggal 9, 10, 12, dan 13 Agustus 2021. Pelatihan ini dipandu langsung oleh instruktur safety riding DAM, diantaranya Tamy Pratama, Asep Wawan, dan Adni Rahmat Ramli.

Safety Riding Development Section Head DAM, Ludhy Kusuma mengatakan, melalui instruktur kami yang berpengalaman seluruh peserta diberikan edukasi mengenai pentingnya berkendara yang aman dan nyaman, serta mengenali potensi bahaya yang ada di jalan raya saat berkendara. Seluruh peserta juga mendapatkan edukasi bagaimana memprediksi bahaya yang ada dan berbagai macam mekanisme pengendara dijalan raya ketika ada potensi bahaya di depan mereka.

Dalam webinar ini juga disampaikan perlunya beberapa aspek di dalam diri pada saat memprediksi bahaya diantaranya, pengalaman, skill (Keterampilan) berkendara, pengetahuan, dan salah satu yang terpenting adalah aspek emosional di dalam diri, karena itu sangat mempengaruhi fokus kita saat berkendara. Ada beberapa mekanisme dalam menghadapi potensi bahaya diantarannya memahami situasi, memprediksi bahaya, memilah bahaya dan melakukan tindakan pengoprasian, semua itu harus dilakukan dalam waktu yang sangat cepat terlebih apabila bahaya yang ada itu muncul secara tiba-tiba.

Selama kegiatan webinar juga disajikan dengan pre test dan post test untuk seluruh peserta. Pada sesi post test, tiga peserta terbaik dengan skor terbesar akan mendapatkan hadiah merchandise dan masker menarik dari Honda. Tidak hanya itu, hadiah juga diberikan kepada peserta yang asertif dalam memberi pertanyaan favorit ataupun menjawab pertanyaan dari instruktur. Di akhir acara para instruktur melakukan sesi tanya jawab dengan seluruh peserta webinar mengenai safety riding dan potensi bahaya ketika berkendara.

“Peserta dari SMK Mitra Industri MM2100 merupakan peserta yang sangat asertif dan antusias atas pelatihan yang diberikan oleh instruktur. Kami berharap materi yang disampaikan kepada seluruh peserta dapat bermanfaat dan berdampak baik kepada seluruh peserta dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari ketika berkendara dan selalu #Cari_Aman kemanapun bepergian menggunakan sepeda motor,” tutup Ludhy. (***)