Mudah dan Praktis, Begini Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Mudah dan Praktis, Begini Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam

Rabu, 04 Agustus 2021 | 15:31 WIB Last Updated 2023-01-18T15:59:17Z
Sahabat-otomotif.com - Kaca mobil mudah mengalami buram atau berminyak karena disebabkan oleh berbagai hal. Jika tak kunjung dibersihkan, nantinya kaca lampu mobil cepat berjamur.

Padahal kaca mobil bagian dalam tidak pernah terkena cipratan air dari luar mobil, sehingga jarang sekali kejadian kaca mobil bagian dalam. Namun begitu, ketika kaca lampu mobil bagian dalam buram, harus segera dibersihkan dengan segera.

Kaca lampu mobil bagian dalam biasanya terlihat buram disebabkan oleh berbagai hal. Contohnya seperti percikan air hujan yang masuk melalui celah lampu mobil, lalu mengering dan menyebabkan noda di bagian tersebut.

Ada kalanya bagian kaca lampu mobil bagian dalam jarang dibersihkan, sehingga terkena jamur yang biasanya tumbuh di kaca-kaca mobil. Sehingga jika Anda jarang membersihkan bagian kaca lampu mobil tersebut, kaca berpotensi mengalami buram.

Selain itu, penyebab mengapa kaca lampu mobil bagian dalam mengalami buram yaitu karena kualitas kaca lampu mobil yang menurun. Ada kalanya juga kaca mobil mobil bagian dalam juga mengalami gores akibat benturan, yang menyebabkan kualitasnya menurun.

Ketika Anda mendapati kaca lampu mobil bagian dalam buram atau tidak sejernih biasanya, kenali dulu penyebabnya. Biasanya kaca lampu mobil bagian dalam yang buram karena jamur atau noda air hujan bisa dibersihkan dengan mudah.

Berikut ini cara membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam yang buram :
1. Persiapkan alat-alat yang digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil (headlamp) bagian dalam. Contohnya yaitu hairdryer, tang, pembersih kaca, air, shampoo mobil, hingga obeng. Pastikan juga menyiapkan stop kontak.
2. Nyalakan hairdryer, lalu panaskan mika kaca yang menutup lampu mobil agar sedikit memuai dan bisa dilepas dari tempatnya. Pastikan untuk menyalakan hairdryer dan memanaskan penutup lampu mobil tersebut hingga cukup hangat.
3. Lepas mika kaca mobil dari tempatnya dengan bantuan obeng secara perlahan-lahan hingga terlepas. Usahakan agar tidak mencederai kaca lampu mobil tersebut agar tidak mengalami kerusakan.
4. Jika kaca headlamp tersebut sudah terlepas, cucilah bagian tersebut dengan shampoo mobil dan air dengan hati-hati. Pastikan bahwa bagian yang buram tersebut sudah benar-benar bersih sebelum dipasang kembali.
5. Keringkan kaca lampu mobil tersebut dengan kain atau lap yang lebih kering dengan hati-hati. Agar nantinya kaca lampu mobil tersebut tidak mengalami baret atau goresan.
6. Jika ingin memasang kembali kaca lampu mobil yang telah dibersihkan, pastikan untuk memanaskannya dengan hairdryer terlebih dahulu. Jika sudah memuai, lalu segera pasang lampu mobil tersebut pada tempatnya kembali dengan hati-hati.

Itulah cara membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam yang buram dengan langkah yang mudah dan praktis. Anda tidak perlu lagi memanggil jasa reparasi kendaraan bermotor untuk memperbaiki ketidaknormalan sementara tersebut.

Yang pasti, jika Anda ingin memilih mobil dengan kualitas kaca lampu mobil sangat awet dan tahan lama, pilihlah yang bermerek Daihatsu. Mobil-mobil yang diproduksi oleh Daihatsu memiliki kualitas kaca lampu mobil yang sangat baik, serta tidak mudah mengalami retak atau berjamur.(daihatsu/skt)