Wuling Almaz RS, SUV Medium yang Layak Dibanggakan

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Wuling Almaz RS, SUV Medium yang Layak Dibanggakan

Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:42 WIB Last Updated 2023-01-18T15:59:18Z
Sahabat-otomotif.com - Pasar otomotif di segmen mobil SUV di Tanah Air memang cukup menjanjikan setelah MPV.

Wuling yang merupakan produsen otomotif asal Tiongkok yang memiliki pabrik di Indonesia ini mempunyai Almaz RS sebagai produk andalannya dikelas SUV. Wuling memberikan fitur yang maksimal untuk Almaz RS dengan harga yang kompetitif dikantong konsumen.

Dua point tersebut menjadi andalan Wuling untuk “mengacak-acak di pasar segmen SUV, bahkan merek Jepang mulai gerah dengan kehadiran Almaz. Dengan mempunyai tagline “Drive Unlimited Way” yang berarti berkendara dengan sensasi tanpa batas.

Bukan berlebihan dengan tagline tersebut, faktanya, Wuling Almaz RS memang dibekali keunggulan yang melebihi keunggulan mobil merek lain di kelas dan jenisnya. Banyak penghargaan yang telah disandangnya.

Belum lama ini Wuling Almaz RS menyabet gelar The Best Innovation dalam ajang Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021. Bahkan sebelumnya Wuling Almaz RS juga menyandang gelar Car of the Year 2021 dan juga Best of High SUV Gasoline dari Otomotif Award.

Sedikitnya ada enam faktor atau aspek keunggulan yang menjadi alasan mengapa SUV ini layak menjadi pilihan. Kelebihan pertama bicara masalah inovasi yang diusung yakni Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Inovasi ini merupakan perpaduan antara Internet of Vehicle (IoV) dan juga Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari 4 kategori dengan total 12 fitur pendukung berkendara.

Kemudian sektor performa mesin yang digunakan pada Almaz RS. Mobil SUV yang mempunyai dimensi ukuran panjang 4.655 milimeter (mm), lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm, mempunyai kapasitas tujuh kursi penumpang ini dibekali mesin 1.5 liter turbocharged.

Dengan mesin tersebut mampu menggelontorkan tenaga mencapai 140 horse power (hp) pada 5.200 pm dengan torsi maksimum 250 Nm yang dicapai pada 1.600-3.600 pm. Tenaga dan torsi yang cukup mumpuni untuk sebuah SUV medium.

Sementara tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi CVT delapan tingkat percepatan. Menariknya ada tiga mode berkendara yakni Eco, Sport dan Normal yang bisa dipilih oleh pengemudi sesuai dengan kebutuhan melalui tombol di cluster transmisi.

Sementara keunggulan ketiga yang diandalkan adalah fitur kenyamanan yang diberikan diantaranya atap panoramic sunroof. Bukan hanya memberikan sensasi tersendiri saat berkendara, tetapi juga kenyamanan sebagai perjalanan yang kental dengan unsur rekreatif.

Pasalnya pengemudi dan penumpang seolah tengah kesegaran suasana alam karena berkendara di alam terbuka. Pengoprasiannya mobil ini cukup dengan one push engine dan keyless entry.

Fitur kenyamanan lainnya yang memanjakan penumpang maupun pengemudi adalah fitur head unit layar sentuh berukuran 10,4 inci yang bisa menampilkan kamera 360 derajat. Satu keunggulan khasnya adalah fitur perintah suara interaktif yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan dinamai Wuling Indonesian Command (WIND).

Teknologi ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan, mulai dari pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio. Bahkan melakukan panggilan maupun menjawab panggilan telepon.

Dengan perintah suara sang pengemudi juga bisa menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS (Tyre Pressure Monitoring System), Bahkan meminta informasi waktu dan tanggal.

Keunggulan yang keempat adalah fitur penunjang keamanan yang disematkan sangat melimpah. Mulai dari Hill Hold Control (HHC), ABS, EBD, Electric Parking Brake (EPB), front and side airbag, hingga Tyre Pressure Monitoring System (TMPS) ada padanya.

Bahkan EPB tersebut dipadukan dengan Automatic Vehicle Holding (AVH) atau Brake Hold. Sehingga ketika lalu-lintas macet dalam keadaan stop and go dan pengemudi mengaktifkan AVH, maka kaki kanan tidak perlu menahan pedal rem untuk menonaktifkan EPB.

Sedangkan, keberadaan TMPS meski terlihat sepele namun vital. Sebab, fakta berbicara, mayoritas kecelakaan di jalan bebas hambatan, khususnya di Indonesia. Ini disebabkan karena tekanan angin ban yang kurang dari ukuran yang seharusnya. Itu terjadi, karena kelalaian pengguna mobil yang mengecek tekanan angin.

Daya tarik kelima yaitu sektor kabin Wuling Almaz RS jangan diragukan lagi untuk kelegaannya, termasuk juga suasana terkesan mewah karena Wuling melengkapinya dengan soft touch panel, jok semi-leather, serta lingkar kemudi yang dibalut lembaran kulit.

Aura mewah juga mencuat berkat kehadiran perangkat sound system besutan Infinity by Harman dan Wireless Charging pad. Tampilan dan nuansa interior ini selaras dengan gaya desain eksterior yang mencuatkan kesan stunning dan sporty.

Hal itu terpancar dari garis lelukan bonnet, Integrated Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED yang ditanamkan di area bawah, grill, bumper, hingga rumah lampu kabut.

Dan faktor keenam adalah harganya yang bersaing. Maklum, Wuling dari awal kehadirannya hingga sekarang selalu menyuguhkan kendaraan berteknologi mutakhir, menawan, aman dan nyaman, tetapi dengan harga yang kompetitif.

Calon konsumen tetap dimanjakan dengan diskon PPnBM ala Wuling, yang sejatinya Almaz RS tidak masuk dalam daftar penerima relaksasi PPnBM dari pemerintah.

Selain itu, ada juga program Wuling PayLater yang memungkinkan calon konsumen mendapatkan penundaan pembayaran cicilan dua bulan pertama setelah unit diterima.

Almaz yang menyuguhkan varian lima dan tujuh kursi penumpang baik bertransmisi otomotis maupun manual, secara total dari Januari sampai Juni 2021, mampu menjual sebanyak 4.415 unit.(jwp)