Mesin Rotary pada Motor, Mekanisme Mirip Helicopter

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Mesin Rotary pada Motor, Mekanisme Mirip Helicopter

Senin, 13 September 2021 | 00:28 WIB Last Updated 2023-01-18T15:59:09Z
Sahabat-Otomotif.Com - Sepeda motor bermesin Wankel (rotary) atau non piston pertama di dunia adalah Hercules W-2000 berpendingin udara.

Lalu disusul rekanan pabrik DKW Jerman, Norton Inggris dan Van Veen Belanda juga memproduksi sepeda motor rotary, namun di pihak Jepang, hanya Suzuki yang cukup berani untuk memasukkan teknologi tersebut ke dalam produksi.

Terlebih lagi, Suzuki datang dengan powertrain berpendingin air yang kompleks dengan knalpot berdinding ganda dan radiator besar untuk menjaga panas tetap terkendali. Intinya Suzuki menampilkan hampir semua elemen mesin yang dirancang oleh Giorgetto Giugiaro itu. Hasilnya tidak konvensional, mahal untuk kinerjanya. Namun mungkin bisa dijuluki sepeda motor yang berkendara paling halus mesinnya yang pernah diproduksi massal.

[caption id="attachment_4339" align="alignnone" width="300"] Mesin rotary pada mobil Mazda yang sudah mengalami modernisasi dan penyempurnaan.[/caption]

Sayangnya, dengan volume produksi yang tetap sangat rendah pada tahun 1975 sementara klaim garansi terus menumpuk, rumornya adalah bahwa karena aib, Suzuki membuang semua RE5 yang tidak terjual dan suku cadangnya ke laut lepas pantai Jepang.

Mereka segera meninggalkan pengembangan rotary untuk fokus pada empat tak sebagai gantinya. Hari ini, menemukan motor ini dalam keadaan bagus tidak mudah, karena yang sedikit yang punya dan mau merawatnya. Pasalnya, tidak ada dealer reguler yang tahu cara bekerja di Wankels, dan dengan krisis minyak yang terjadi, motor rotary ini semakin tidak disukai karena boros bensin. Bahkan orang Amerika yang biasanya gak perhitungan soal uang bensin akhirnya menyerah juga tidak mau pakai unit motor ini.

Tahukah kalian di mobil mesin rotary yang terkenal ada di Mazda RX7 dan Mazda RX8. Yang suka main game otomotif Need For Speed dan game lainnya pasti tahu. Mesin mobil ini ringan dan sangat bertenaga jika sudah dipasang turbo. Di film dan anime Initial D juga ada tipe RX7 FD warna kuning dan RX7 FC warna putih. Putera musisi Ahmad Dhani yang bernama Al Ghazali juga pernah pakai untuk belajar teknik drift, pernah saat tampil di televisi mobilnya overheat dan berasap. Benar, kelemahan mobil ini gampang panas, makanya lebih baik keluar malam.

Cara kerja Mesin Rotary

Ada besi aluminium sebagai rumah mesin berbentuk oval. Kemudian ada rotor (kincir) besi aluminium berbentuk segitiga sama sisi. Antara rumah mesin (blok silinder) dan rotor (pengganti piston) terbentuk 3 ruangan.



Saat digerakkan berputar atau distarter. Ruang 1 akan menghisap bensi dan udara, lalu menuju ruang 2 yakni dimampatkan dan disulut busi, pembakaran membuat gas mengembang berupa ledakan dan memberikan dorongan dan ruangan yang sama juga bertemu lubang pembuangan. (yy/dari berbagai sumber)