Mesin Susah Hidup Saat Starter, Coba Pancing dengan Semprot WD40

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Mesin Susah Hidup Saat Starter, Coba Pancing dengan Semprot WD40

Minggu, 12 September 2021 | 13:19 WIB Last Updated 2023-01-18T15:59:08Z




Sahabat-Otomotif.Com - Pasti ada motor yang susah menyala saat pagi atau malah saat sudah usai dipakai jalan jauh. Secara acak itu karena kompresi bocor, karena kerak karbon, karena oli rembes, karena banyak kotoran terhisap karburator, dan masih banyak lagi faktornya.

Maka solusinya dipancing dengan zat cairan yang mudah menguap, salah satunya disemprot WD40. Ingat, cairan mudah terbakar, mudah menguap, tidak harus WD40. Namun hal ini berdasarkan pengalaman semprotan WD40 cespleng.


Langkah-langkahnya sederhana. Mulut karbu disemprot WD40, juga saluran pernafasan karburator. Jika mulut karbu tertutup karet saluran filter dan diklem kencang, maka kendurkan klemnya saja tanpa dibuka. Semprot sela-selanya sampai meresap ke dalam mulut karbu. Dan juga bisa ditambah di mulut kotak filter.


Setelah disemprot beberapa kali lakukan kick stater 3 kali tanpa menyalaka  kontak. Lalu nyalakan kontak dan lakukan elektrik starter atau kick stater sampai mesin menyala. Niscaya jika tidak ada kerusakan part, akan lebih mudah dinyalalan.


Cara ini cocok untuk motor yang sudah tua namun masih digemari dan dirawat. Seperti basis C70, Shogun Kebo, GL dan CB series, serta motor dua tak jadul seperti vespa. (yy/dari berbagai sumber)