Tahun 1907 Mobil Jadul Sudah Berusaha Nanjak ke Bromo

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Tahun 1907 Mobil Jadul Sudah Berusaha Nanjak ke Bromo

Selasa, 14 September 2021 | 00:27 WIB Last Updated 2023-01-18T15:58:56Z

Sahabat-Otomotif.Com - Dalam mempromosikan penjualan mobilnya perusahaan “Verwey & Lugard” telah melakukan perjalanan dari Surabaya dengan mobil ke Tosari dan pulang kembali dengan sukses. Yang bisa dikatakan perusahaan inilah yang pertama kali mencapai Tosari dengan mobil di tahun 1907.




Dengan mobil merek FIAT, SPIJKER, ORYX, dan VLAM serta muatan seberat 4 ton membuktikan kemampuannya mengalahkan lereng paling curam antara Pasrepan dan Tosari, yaitu pada "Hari Ratu" tanggal 31 Agustus 1907. Dalam beberapa jam saja sudah dapat naik sampai ketinggian 5.600 Kaki/1700 meter DPL. Jarak antara Surabaya dan Tosari dalam perjalanan angkutan biasa sebelumnya adalah sekitar 6 hingga 7 jam, dengan mobil ini waktu itu bisa dicapai hanya dalam waktu 3 jam! Karena kecepatannya mobil pada waktu itu sampai disebut sebagai "Kereta Setan".




Perusahaan “Verwey & Lugard” di tahun yang sama juga melakukan perjalanan ke dataran tinggi Sumatera Utara, yaitu ke Danau Toba.



Dalam iklan di surat kabar diketahui perusahaan ini membuka kantor pemasaran di Batavia, Medan Deli, serta di Surabaya yaitu di Club Simpang.




Perkembangan mode transportasi darat dengan mobil inilah yang menjawab turunnya industri pariwisata di Kota Pasuruan, terutama bisnis perhotelan. Para turis dari Surabaya dengan tujuan Bromo tidak perlu lagi untuk transit dan menginap di Pasuruan. Perjalanan dari Surabaya di hari Sabtu sore, sudah memungkinkan untuk kembali lagi ke Surabaya di hari Minggu sore atau Senin pagi. (yy/dari berbagai sumber)