Siklus Kerja Mesin 4 Langkah

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Siklus Kerja Mesin 4 Langkah

Jumat, 30 Desember 2022 | 23:59 WIB Last Updated 2023-01-18T15:40:08Z

Sahabat-Otomotif.Com - Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston.


 Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah.


Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan) udara dan uap BBM, kompresi (pemampatan), pembakaran yang menghasilkan tenaga dorong dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel (solar).





Motor atau sering juga disebut dengan mesin (engine) didefinisikan sebagai sebuah alat yang berfungsi untuk merubah suatu bentuk energi menjadi energi dalam bentuk lain (Srinivasan, 2001).


Salah satu jenis motor yang banyak digunakan pada saat sekarang ini adalah motor kalor (heat engine) yaitu motor yang mengubah energi termal menjadi energi mekanik. Maksudnya, bensin atau solar terbakar membentuk ledakan, menghasilkan daya dorong dan panas.


Ditinjau dari cara memperoleh energi termal ini motor kalor dibagi menjadi dua golongan yaitu motor pembakaran luar (external combustion engine) dan motor pembakaran dalam (internal combustion engine).


Pada motor pembakaran luar, proses pembakaran terjadi di luar motor. Sebagai contoh adalah motor uap dimana energi termal dari gas hasil pembakaran luar kemudian dipindahkan ke fluida kerja melalui beberapa dinding terpisah. Buktinya jika uap itu bertenaga, adalah panci presto bisa meledak jika dibuka sembarangan. Nah, tekanan uap itu digunakan mendorong engkol penggerak. Maka dikenal ada kereta uap dan kapal uap.


Sedangkan pada motor pembakaran dalam proses pembakaran berlangsung di dalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus berfungsi sebagai fluida kerja. Contoh dari motor pembakaran dalam ini adalah motor bakar torak (piston engkol naik turun) dan motor wankel (rotary) seperti di Mazda RX7 dan RX8.


Motor bakar torak (piston) mempergunakan silinder yang didalamnya terdapat torak yang bergerak translasi (bolak-balik). Di dalam silinder itulah terjadi pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen dari udara. Gas pembakaran yang dihasilkan oleh proses tersebut menggerakkan torak yang oleh batang penghubung (connecting rod) dihubungkan dengan poros engkol (crank shaft). Gerak translasi torak tadi menyebabkan gerak rotasi pada poros engkol dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol menimbulkan gerak translasi pada torak.


Motor bakar torak terbagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan bahan bakar yang digunakan, motor bakar torak terdiri dari dua jenis utama yaitu motor bensin dan motor diesel. Perbedaan utama dari kedua jenis motor bakar torak ini adalah pada jenis bahan bakar yang digunakan dan pada sistem pengapiannya.


Sistem engkol motor balap beda. Mereka gerak langkahnya pendek. Semakin pendek gerak langkah mesin melengking dan merdu. Maka jangan berharap mendapatkan suara Kawasaki ZX25R empat silinder di mesin yang gerak langkahnya panjang. Misalnya Mobil avanza, empat silinder walau diberikan knalpot racing bunyinya tidak akan melengking, karena mesin langkah panjang. (yy/dari berbagai sumber)