Sirkuit Ancol Jakarta, Arena Balap Itu Terlahir Kembali

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Sirkuit Ancol Jakarta, Arena Balap Itu Terlahir Kembali

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:50 WIB Last Updated 2023-01-18T15:40:06Z





Sahabat-Otomotif.Com - Sirkuit Ancol yang akan digunakan untuk perhelatan Formula E pada Juni 2022 bukan sembarang lokasi. Sebab, dulunya Ancol pernah menjadi sebuah Kawasan sirkuit balap kendaraan bermotor yang bergengsi.


Pada era 1970 an sirkuit balap pertama di Indonesia adalah sirkuit Ancol. Di mana sirkuit tersebut digunakan untuk beberapa ajang perlombaan otomotif, sebelum adanya sirkuit Sentul di Jawa Barat.


Sirkuit pinggir laut itu menjadi magnet para penggila otomotif pada eranya. Bahkan sempat pula diadakan event yang bertaraf besar, seperti Jaya Antjol Race I dan acara-acara tahunan dan perlombaan yang berlangsung.


Untuk mendongkrak nama besar sirkuit Ancol, Gubernur Ali Sadikin pada waktu itu menunjuk Tinton Seprapto yang notabennya seorang pembalap berprestasi untuk menjadi Duta Sirkuit Ancol. Agar para pembalap dari luar negeri mau ikut berlomba di sirkuit kebanggan kota Jakarta waktu itu.


Beberapa lomba yang pernah di adakan di sirkuit Ancol adalah Grand Prix Ancol, endurance 7 jam Ancol dan sebagainya. Mobil-mobil yang berlaga di sirkuit ini juga sebenarnya tidak main-main juga. Astra misalnya, pernah mengembangkan Toyota Starlet KP47 dan Toyota Corolla KE30 dengan Tom’s Jepang khusus untuk spesifikasi sirkuit ini.



Lebih detail, pada bulan Oktober tahun 1969, diadakan acara Jaya Antjol Race I dimana saat itu kondisi sirkuit hanyalah berupa jalanan perumahan biasa dengan tikungan yang patah-patah.


Lebar sirkuit ini hanya 7 sampai 10,5 meter saja dengan panjang lintasan 3.590 meter.


Selanjutnya pada tahun 1970, diadakan Jaya Antjol Race II pada bulan Oktober.


Pada acara kali ini, panjang sirkuit diubah menjadi 3.950 meter dan jumlah tikungannya ditambah 2 menjadi 12 tikungan.


Pada tahun 1971, sirkuit Ancol dipugar secara total Dengan biaya sekitar 400 juta rupiah pada tahun 1971.


Dana tersebut digunakan untuk pengaspalan hotmix, pembangunan paddock, pit dan tower.



Lama tidak pernah digunakan lagi, kini sirkuit Ancol kembali akan digairahkan dengan adanya event Formula E yang encananya akan berlangsung pada 4 Juni 2022. Hal tersebut tentunya mendapat respon positif dari penggila otomotif, sebab event tersebut merupakan salah satu bukti bangkitnya industri otomotif di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi. (yy/dari berbagai sumber)