Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

sepeda Motor BMW R80

Kamis, 04 Januari 2024 | 22:25 WIB Last Updated 2024-01-04T15:34:55Z

 

sepeda Motor BMW R80

 



Ulasan BMW R80 dari Spesifikasi hingga KomunitasSelain memproduksi kendaraan roda empat, BMW juga merupakan produsen kendaraan bermotor yang memproduksi sepeda motor. Mungkin baru ada segelintir orang saja yang mengetahui bahwa ternyata BMW juga membuat sepeda motor. 
 
 Sepeda motor yang diproduksi oleh BMW tentunya bukan sepeda motor biasa, melainkan sebuah maha karya yang dirancang sedemikian rupa untuk tangguh dalam segala keadaan cuaca dan kondisi jalanan. Dan salah satu motor legendaris yang diproduksi oleh BMW adalah BMW R80. Sepeda motor yang diproduksi pada tahun 1980 sampai dengan 1987 ini sudah terbukti mengenai kehandalannya
 
.

BMW R80 - 800cc classic
BMW R80 - 800cc classic.

 
 
Berbicara kehandalan yang dimiliki oleh BMW R80 sudah pasti tidak akan jauh-jauh dari mesin. Kapasitas mesin yang dimiliki oleh motor tersebut sekitar 800 cc yang mampu menempuh jarak 0 – 100 kilo meter per jam hanya dalam waktu yang sangat singkat. 
 
Mesin dengan tipe boxer 2 silinder ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 horse power. Sistem transisi dari motor ini sudah menggunakan transmisi lima percepatan. Dengan kata lain, sepeda motor ini memang tidak diragukan lagi mengenai kecepatannya dijalan raya.

Harga BMW R80

Untuk masalah harga, motor BMW R80 masih sekitar diatas Rp. 42 juta. Harga yang masih relatif tinggi untuk jenis motor yang sudah berumur ini dikarenakan ketangguhan yang dimilikinya. Selain itu, melihat dari segi desain, motor ini juga memiliki penampilan yang sangat garang, dan terkesan macho ketika berlari diatas panasnya aspal. 
 
Bentuknya yang sedikit besar, mencerminkan bahwa motor ini berjenis Moge atau singkatan dari motor gede. Berat bersih dari motor ini berkisar 60 kg – 70 kg. Jadi, sangat dianjurkan untuk tidak dinaiki oleh anak-anak kecil.


Sepeda Motor BMW R80
Sepeda Motor BMW R80.

 
 
Hal lainnya yang menyebabkan bertahannya BMW R80 dipasaran Indonesia, adalah kesan klasik yang tampak jelas terlihat. Hal tersebut memang tidak bisa dilepaskan dari tahun produksinya yang keluar pada tahun 80an. Walaupun terhitung sudah berumur lebih dari 20 tahun, namun tampilan dan performancenya tidak akan kalah dari motor-motor Moge yang ada saat ini.
 
 Justru, karena dengan tampilannya yang klasik, semakin banyak orang yang mencari motor tersebut, baik itu dari hobi atau memang pecinta BMW. Motor ini sangat nyaman untuk dikendarai, khususnya dalam kegiatan touring sehingga jangan heran apabila suatu ketika melihat gerombolan yang mengelilingi kota dengan motor ini.

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh BMW R80 ini adalah tersedianya onderdil yang masih banyak dijual dipasaran. Logikanya, apabila umur kendaraan yang sudah menginjak kepala 2, pasti akan sedikit kesulitan dalam hal mencari onderdil. 
 
Apalagi, BMW memang tidak memproduksi suku cadang KW, sehingga semua suku cadang yang digunakan haruslah yang orisinil. Dan hal yang mengagetkan lagi, arah suku cadangnya masih terhitung mudah untuk terjangkau oleh kalangan menengah hingga atas. Untuk mencari onderdil orisinilnya, hanya perlu mengunjungi pasar otomotif klasik yang kini sudah banyak dijumpai dikota-kota besar.

Gambar Sepeda Motor Gede BMW R80


BMW R80 retro style
BMW R80 retro style.

Foto BMW R80 warna merah
Foto BMW R80 warna merah (red). 

Modifikasi BMW R80
Modifikasi BMW R80.

BMW R80 jap-style
BMW R80 jap-style.

Japstyle BMW R80
Japstyle BMW R80.

Foto Moge Classic - BMW R80
Foto Moge Classic - BMW R80

BMW R80 Cafe Racer
Modifikasi BMW R80 Cafe Racer.

Gambar BMW R80
Gambar BMW R80.

Saking banyaknya yang mencintai BMW R80 ini, kini semakin menjamur komunitas-komunitas R80. Selain kegiatan rutin yang dijalani seperti nongkrong, banyak hal-hal positif yang dilakukan oleh komunitas R80 seperti menyantuni orang yang tidak mampu hingga membantu evakuasi korban bencana alam. Jadi, bagi yang memiliki fashion yang sama dan memiliki hobi menunggangi Moge atau Moge, R80 bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa tampil keren, tetapi juga bisa menjalankan kewajiban saling tolong menolong sesama manusia.
×
Berita Terbaru Update