Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SISTEM INDUKSI UDARA (AIR INDUCTION SYSTEM) EFI

Senin, 15 Desember 2014 | 05:28 WIB Last Updated 2023-02-23T15:03:04Z

SISTEM INDUKSI UDARA (AIR INDUCTION SYSTEM)



Udara bersih dari saringan udara masuk ke airflow meter dengan membuka measuring plate, besar pembukaan ini bergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk ke intake chamber yang dipengaruhi oleh lebar  throttle terbuka.
Skema gambar diagram udara  masuk tipe D-EFI.
Skema gambar diagram  udara masuk tipe L-EFI

Komponen Sistem Induksi Udara ( Air Induction System )

Throttle body
Merupakan komponen sistem kontrol udara sebagai saluran utama yang dilalui oleh udara, sebelum masuk ke intake manipold. Di dalam throttle body ini terdapat
  • Throttle valve
  • TPS (Throttle Position Sensor)
  • IAC ( Idle Air Control )
  • FIAC ( Fast Idle Air Control )
  • ISAS ( Idle Speed Adjusting Screw )

Gambar skema Throttle Body:

Intake Air Temperatur
SISTEM INDUKSI UDARA (AIR INDUCTION SYSTEM) EFI
Sensor temperatur udara masuk ini biasa terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dengan throttle body. Sensor temperatur udara masuk ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperatur maka nilai tahanannya semakin kecil.

Throttle Position Sensor
SISTEM INDUKSI UDARA (AIR INDUCTION SYSTEM) EFI

Throttle Position Sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throttle valve. TPS dihubungkan langsung dengan sumbu throttle valve, jika throttle valve bergerak, TPS akan mendeteksi perubahan pembukaan throttle valve. Selanjutnya dengan menggunakan tahanan geser, perubahan tahanan ini dikirim ke ECU sebagai input untuk koreksi rasio udara dan bensin.

Air Flow Meter
SISTEM INDUKSI UDARA (AIR INDUCTION SYSTEM) EFI

MAF (Massa Air Flow Meter) salah satu jenis sensor dengan tipe measuring plate, yang terdiri atas plat pengukur, pegas pengembali, dan potensiometer.
Udara yang masuk ke intake air chamber akan dideteksi dengan gerakan membuka dan menutup plat pengukur. Plat pengukur ini ditahan oleh sebuah pegas pengembali. Plat pengukur dan potensiometer  bergerak pada poros yang sama  sehingga sudut membuka plat pengukur ini akan diubah nilai tahanan potensiometer. Variasi nilai tahanan ini akan dirbah menjadi output voltage sensor ke ECM sebagai dasar untuk menentukan jumlah udara yang masuk ke intake air chamber.

Fast Idle Air Control
SISTEM INDUKSI UDARA (AIR INDUCTION SYSTEM) EFI

Fast idle air control terbuat dari thermo wax yang bekerjanya sesuai dengan temperatur mesin. Bila temperatur masih dingin, thermo wax belum mengembang sehingga jumlah udara yang masuk melalui saluran bypassmenjadi lebih banyak. Saat temperatur mesin panas,thermo wax akan mengembang sehingga saluran bypassakan menyempit. Jumlah udara yang masuk menjadi berkurang, putaran mesin ke putaran idle


×
Berita Terbaru Update