Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fungsi Sistem Exhaust Mobil EFI dan Komponen

Senin, 21 September 2015 | 12:04 WIB Last Updated 2023-02-23T15:02:58Z
Sistem exhaust / sistem pembuangan pada mobil berperan penting dalam proses pembakaran mesin. Sistem exhaust akan melepaskan gas buang sisa pembakaran yang dihasilkan mesin ke atmosfir / udara bebas. Sistem exhaust / pembuangan pada mobil EFI memiliki beberapa fungsi utama yang berpengaruh terhadap kinerja mesin


Fungsi Sistem Exhaust

  1. Sistem exhaust berfungsi memastikan efisiensi mesin dengan memperbaiki tingkat pelepasan gas buang dari mesin. Melalui Oksigen sensor ECU akan memerima signal mengenai kondisi kandungan zat-zat yang terdapat pada gas buang, jika tidak sesuai / melebihi ketentuan maka ECU akan memerintahkan actuator memperbaiki kinerjanya.
  2. Sistem Exhaust berfungsi membersihkan gas buang dengan membuang zat-zat yang berbahaya. Gas buang yang masing mengandung zat-zat berbahaya akan dibersihkan dan di buang untuk mengurangi terjadinya polusi udara serta tidak membahayakan lingkungan dan makhluk hidup.
  3. Sistem exhaust berfungsi mengurangi suara ledakan yang dikeluarkan oleh gas buang. Terjadinya pembakaran menghasilkan ledakan, jika hal ini tidak diantisipasi akan menyebabkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan, untuk itu sistem pembuangan harus mampu mengurangi suara ledakan tersebut.

Komponen - komponen Utama Sistem Exhaust

Ada 4 komponen utama exhaust system / sistem pembuangan
  1. Exhaust manifold, Terdiri dari beberapa saluran / manifold yang terhubung ke masing-masing silinder untuk menyalurkan gas buang sisa pembakaran dan kemudian tergabung dalam satu saluran buang..
  2. Catalytic Converter, berfungsi untuk membersihkan gas buang dari zat-zat berbahaya agar tidak mencemari udara.
  3. Pipa gas buang / exhaust pipe, berfungsi untuk menyalurkan gas buang dari mesin ke atmosfir /udara bebas.
  4. Muffler, Berfungsi menyerap / mengurangi suara ledakan hasil pembakaran di dalam ruang silinder, sebab gas buang sisa pembakaran dari mesin bertemperatur dan tekanan tinggi, sehingga menghasilkan suara ledakan jika dilepaskan secara langsung. Untuk itu, muffler di buat untuk meredam suara ledakan dengan mengurangi tekanan dan temperatur dari gas buang sisa pembakaran

Catalytic Converter pada Mobil EFI

Penempatan Catalytic converter pada mobil EFI di satukan dengan exhaust manifold atau di tempatkan ditengah sistem exhaust untuk membersihkan zat berbahaya dari gas buang sisa pembakaran. Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam gas buang sisa pembakaran terdiri dari CO (Carbon Monoxide), HC (Hydrocarbons), dan NOx (Nitric Oxides). Zat-zat berbahaya ini harus dibersihkan / minimal dikurangi agar tidak membahayakan lingkungan dan makhluk hidup khususnya manusia.

Jenis Catalytic converters mobil EFI
  1. OC (Oxidation Catalyst), Jenis Catalytic ini memiliki kemampuan membersihkan 2 zat berbahaya CO dan HC pada gas buang sisa pembakaran dengan katalis platinum dan palladium.
  2. TWC (Three-Way Catalytic), Jenis Catalytic ini memiliki kemampuan membersihkan 3 zat berbahaya CO, HC dan NOx pada gas buang dengan katalis platinum dan rhodium.



×
Berita Terbaru Update