Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelengkapan Sistem Kelistrikan Kendaraan

Selasa, 15 September 2015 | 08:25 WIB Last Updated 2023-02-23T15:02:58Z
Setiap kendaraan membutuhkan kelengkapan sistem kelistrikan, dimana sistem ini memilki peran yang pening untuk mendukung kebutuhan mesin maupun pengendara, seperti contoh untuk menghidupkan awal mesin kendaraan dibutuhkan sitem starter, disamping itu membutuhkan sistem pengapian untuk memastikan kendaraan dapat hidup terus, belum lagi sistem penerangan dibutuhkan pengendara saat melakukan perjalannaan malam dan lain sebagainya.

Berbagai macam perlengkapan sistem kelistrikan yang diperlukan kendraab untuk menghidupkan mesin dan mengoperasikannya dengan cara yang stabil diantaranya adalah:

Kelengkapan Sistem Kelistrikan Mobil

  1. Baterai, baterai meiliki peran penting sebagai penyuplai tenaga / sumber power listrik untuk part-part kelistrikan pada kendaraan, dan juga untuk menyimpan sumber listrik saat sistem pengisian bekerja.
  2. Starter (Sistem start), Sistem ini berfungsi untuk start mesin / menghidupkan awal mesin
    Alternator (Sistem pengisian), sistem ini berfungsi untuk membangkitkan listrik yang digunakan di kendaraan dan mengisi baterai.
  3. Koil pengapian (Sistem pengapian), Sistem pengapian berfungsi untuk menyalakan percampuran udara-bahan bakar yang dimampatkan di dalam silinder agar terjadi pembakaran.
  4. Ignition Switch , Switch pengapian / kunci kontak / saklar utama kendaraan untuk memutuskan dan menghubungkan arus baterai saat melakukan start dan menyalakan kendaraan, serta menghidupkan part-part kelistrikan.
  5. Meter kombinasi, bagian ini berfungsi sebagai ruang atau tempat lampu-lampu indikator peringatan kondisi mesin seperti, indikator hand rem, indikator pengisian, indikator pelumas, indikator seat belt dll (Lampu peringatan harus hidup saak kunci kontak ON tetapi harus mati saat mesin hidup / switch mati (hand rem) , sebagai contoh bila indikator pengisian menyala artinya tidak dapat mengisi / tidak terjadi pengisian. dll
  6. Sensor-sensor, terdiri Part-part untuk mendeteksi kondisi mesin seperti temperatur air atau kecepatan mesin, temperatur udara dll serta  mengirimkannya sinyal ke ECU (Electronic Control Unit).

×
Berita Terbaru Update