Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Bagian dan Kode Baterai / Accu

Selasa, 15 September 2015 | 09:43 WIB Last Updated 2023-02-23T15:02:58Z
Tidak ada salahnya kita Mengenal bagian dan kode baterai, Baterai merupakan piranti sistem kelistrikan yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, sistem penerangan / lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya. Jenis baterai yang sudah banyak beredar ada 2 macam yaitu baterai jenis kering dan batarei basah, secara fungsi sama tetapi dari segi perawatan baterai basah membutuhkan lebih banyak perawatan dibandingkan baterai kering. dikarenakan baterai membutuhkan perawatan untuk menjamin baterai dapat berfungsi optimal kita perlu mengenal bagian-bagian baterai terlebih dahulu.

Bagian - bagian Baterai / Accu

Baterai terdiri dari beberapa bagian seperti ditunjukkan pada gambar

  1. Terminal negatif, Bagian baterai tempat dimana kabel negatif dihubungkan.
  2. Sumbat ventilasi, berfungsi untuk membuang gas yang menguap selama terjadinya proses pengisian baterai. Selain itu sumbat juga berfungsi untuk menyuplai / menambahkan elektrolit jika mengalami kekurangan volume elektrolit.
  3. Indikator, bagian ini digunakan untuk memeriksa kondisi pengisian / arus yang tersimpan oleh baterai dan kondisi permukaan / jumlah elektrolit.
  4. Terminal positif, Bagian baterai tempat dimana kabel positif dihubungkan.
  5. Elektrolit, elektrolit bereaksi secara kimia dengan plat-plat kutub untuk mengisi dan mengosongkan listrik.
  6. Sel, bagian baterai yang berfungsi membangkitkan listrik, setiap sel membangkitkan sekitar 2.1 Volt listrik, jika terdapat 6 sel artinya listrik memiliki tegangan sekitar 12,6 Volt.
  7. Plat kutub Terdiri dari plat-plat negatif dan positif baterai

Kode Identifikasi Baterai

Baterai memiliki kode-kode yang memiliki arti / makna tertentu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi baterai. Kode-kode identifikasi baterai terdapat / berada pada bodi baterai, menunjukkan ukuran baterai dan performa, yang merupakan kapasitas penyimpanan listrik, sebagai contoh pada baterai tertulis 34 B 19 L artinya

1: Performa (Kapasitas baterai dalam Ampere)
2: Tinggi dan lebar baterai
3: Panjang baterai
4: Posisi terminal negatif (L: Left dan R: Right)

×
Berita Terbaru Update