Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenapa Cakram Rem Motor Dibuat Berlubang-Lubang..?

Kamis, 02 Maret 2023 | 09:30 WIB Last Updated 2023-03-29T13:49:16Z
Maniax Motor Indonesia ~ Hayo, kenapa rem cakram sepeda motor dibuat berlubang masbro? Khususnya untuk motor jenis sport?


sahabat otomotif Ternyata, rem cakram yang dibuat ada"bolong-bolong"nya itu punya fungsi khusus lho mas bro. Seperti yang dijelaskan sama om @M.Abidin, salah seorang GM After Sales & Motor Sport dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, perihal bentuk berlubang pada rem ini.

Menurut beliau, lubang pada rem cakram motor tidak hanya punya satu fungsi saja, seperti untuk mengurangi panasnya piringan logam tersebut saat dilakukan pengereman berkali-kali. Namun ada fungsi lain dari lobang ini, seperti untuk mengurangi bobot dan juga memperluas penampang pelepasan panas ketika direm.

Om @M.Abidin kembali menjelaskan bahwa bentuk rem cakram disetiap motor itu sudah disesuaikan sebagaimana fungsinya. Kekuatan saat pengeremannya pun sudah diperhitungkan terlebih dahulu.

Bahah dasar pembuatan cakram rem pada motor pun dibuat dari bahan yang khusus. Materialnya terbuat dari campuran besi dan SUS (sejenis stainless). Hal ini dipadukan padankan agar cakram lebih kuat dan tidak mudah berkarat. Dengan begitu, rem motor pun tidak mudah ngelos..

Nah, begitu penjelasan tentang fungsi lubang pada piringan cakram masbro? Sekarang udah tau kan? hemm..  | Thanks to: otosia.com]

×
Berita Terbaru Update