Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mobil Terkena Banjir Ini Cara Pengecekan Kendaraannya

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:01 WIB Last Updated 2023-02-02T15:26:27Z
Musim hujan mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia. Bagi pengguna mobil, harus ekstra hati-hati, apalagi Anda tinggal di daerah permukiman yang sering dilanda banjir.

Banjir sendiri bisa berbahaya bagi kendaraan, karena dapat merusak sejumlah komponen termasuk sektor mesin.

Nah, apabila mobil Anda terkena banjir atau melintasi genangan air yang begitu dalam, maka mobil tersebut membutuhkan perawatan, setidaknya wajib di bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan. Untuk bisa menekan biaya perbaikan seminim mungkin, ada baiknya Anda mengetahui apa saja pengecekan bagi kendaraan pasca terendam banjir.

Jangan menyalakan kendaraan

Usai terendam banjir, jangan langsung menyalakan (starter) kendaraan. Netralkan transmisi dan rem tangan, dorong ke tempat yang aman atau derek kendaraan ke dealer resmi terdekat.

Bersihkan Kendaraan dari Lumpur

Setelah kendaraan di dealer atau di tempat yang aman, bersihkan seluruh lumpur atau kotoran sisa banjir. Lepaskan seluruh interior kendaraan untuk dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemeriksaan lanjutan (terutama system kelistrikan) pada kendaraan.

Cek kelistrikan

Periksa seluruh sistem kelistrikan pada sisi dalam kendaraan dan di ruang mesin. bersihkan seluruh konektor kabel dan part terkait dari lumpur dan air yang terjebak. Keringkan agar tidak berkerak, karena jika berkerak maka akan merusak kabel dan part-part kelistikan pada kendaraan.

Saluran bahan bakar

Lakukan pemeriksaan pada saluran bahan bakar dari tangki hingga injector, pastikan tidak tercampur dengan air. Kami sarankan untuk menguras tangka bahan bakar dan mengganti dengan bahan bakar baru. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada tangki BBM.

Kuras dan Ganti Oli Mesin

Begitu juga bagian mesin, oli yang bercampur dengan air dapat berujung kerusakan parah atau Water Hammer. Periksa oli melalui stick oli, bila tercampur air, menguras oli wajib dilakukan dengan menggunakan engine flush agar sisa air terbawa keluar.

Filter udara pun wajib diganti dan saluran udara terbebas dari air agar tidak ada lagi yang kembali masuk ke ruang mesin.

Jika memang mobil terlalu beresiko digunakan, tidak ada salahnya mengunakan jasa towing untuk membawa mobil ke bengkel resmi. (sumber: mitsubishi-motor.co.id) ***
×
Berita Terbaru Update