Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman Bagi Wanita

Sabtu, 27 Februari 2021 | 21:49 WIB Last Updated 2023-02-02T15:26:25Z
Sahabat-otomotif.com -- Pada zaman sekarang jika wanita menggunakan sepeda motor sudah menjadi hal yang umum, seperti halnya pria yang juga selalu menggunakan sepeda motor sebagai salah satu pilihan berkendara dalam kesehariannya.

Potensi bahaya atau kecelakaan dalam berkendara dapat muncul kepada siapa saja, oleh karena itu sebagai pengendara perlu memperhatikan apa saja yang dapat memicu terjadinya kecelakaan. Hampir sebagian besar wanita menggunakan sepeda motor tipe matic karena lebih mudah dan praktis saat dikendarai. Namun sebagian wanita juga dapat mengendarai sepeda motor tipe lainnya seperti Cub dan Sport.

Tipe motor apapun yang digunakan oleh wanita saat berkendara, namun wajib paham dan diperhatikan ada beberapa tips berkendara saat menggunakan sepeda motor, diantaranya :

1. Perlengkapan Berkendara
Perlengkapan berkendara yang wajib digunakan meliputi dari helm, jaket, dan sarung tangan. “Jangan sampai mengabaikan perlengkapan berkendara tersebut karena dapat melindungi pengendara,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Seperti halnya helm yang berfungsi melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala. Jaket yang berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan membantu mengurangi bila terjadi gesekan pada kulit saat terjatuh, serta sarung tangan yang membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip atau stang kemudi.

2. Kelengkapan Surat Berkendara
Persiapan berkendara lainnya adalah memastikan surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya. “Hal ini sangat penting apabila saat diperjalanan ada pemeriksaan dari pihak kepolisian atau terjadi sesuatu di jalan raya,” kata Ludhy.

3. Tidak Menggunakan Sepatu Hak tinggi
Jika ingin nyaman saat berkendara dan menyebabkan bahaya pada diri sendiri, pilihlah alas kaki senyaman mungkin bisa menggunakan flat shoes atau sneakers. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya.

4. Hindari Memakai Rok
Ludhy mengatakan, “Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor dengan memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak.

"Pengendara juga tentu harus menghindari rok tersingkap ketika di tempat umum karena angin akan terasa lebih kencang pada saat naik sepeda motor. “Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana panjang yang nyaman dipakai dan dapat menggantinya di toilet terdekat,” ujar Ludhy. ***
×
Berita Terbaru Update