Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Rabu, 31 Maret 2021 | 04:30 WIB Last Updated 2023-01-29T17:08:59Z
Sahabat-Otomotif.Com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah merelease secara resmi tanggal dibukanya jalur pendakian Gunung Semeru.

Menurut Surat Pengumuman Nomor: PG.08/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2021 Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru TNBTS, disebutkan bahwa jalur pendakian akan dibuka pada 1 April 2021 nanti.

Saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (30/3/2021), Plt. Kepala Balai Besar TNBTS Agus Budi Santoso mengatakan, bahwa jumlah kuota pada awal pendakian, untuk sementara dibatasi hanya 30 persen atau 180 orang per hari dari kuota normal.

"Jumlah kuota yang disepakati adalah 180 orang per hari, kemudian diadakan Monev untuk kuota pendakian di bulan berikutnya," kata dia.

Sedangkan, untuk batas lama kegiatan pendakian yang diizinkan maksimal adalah tiga hari dua malam. Kemudian, pada awal pembukaan para pendaki hanya direkomendasikan berkunjung sampai batas satu kilometer dari Puncak Mahameru.

"Batas pendakian maksimal adalah hingga Kalimati," ujarnya.

Agus Budi menambahkan, bahwa para pendaki nantinya juga diminta untuk menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Selain itu, bagi masyarakat yang hobi mendaki, juga diharuskan melakukan pembelian karcis masuk secara online.

"Pembelian karcis masuk melalui booking online pada situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org," pungkasnya. (yy/dari berbagai sumber)
×
Berita Terbaru Update