Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Stang Motor Tak Normal, Begini Cara Memperbaikinya

Kamis, 18 Maret 2021 | 22:10 WIB Last Updated 2023-02-01T12:29:54Z
Sahabat-otomotif.com - Kondisi stang pada motor sangat mempengaruhi kenyamanan saat kita berkendara. Stang motor harus seimbang dan stabil, apalagi jika sering digunakan pada jalanan yang rusak. Jika ada salah satu bagiannya yang rusak maka stang motor bisa goyang dan membahayakan pengendara.

Ada beberapa penyebab dan cara memperbaiki stang motor goyang yang bisa Anda cek terlebih dahulu.

Mengetahui penyebabnya memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk memperbaiki nantinya di bengkel. Jangan biarkan stang motor goyang saat berkendara, karena bisa mengakibatkan kecelakaan. Berikut penyebab dan cara memperbaiki stang motor goyang

Kondisi ban sudah buruk
Cara memperbaiki stang motor goyang yang diakibatkan oleh ban adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan ukuran ban dengan velg sesuai standar pabrikan dan jangan beli ban bekas. Belilah ban baru yang kondisinya masih bagus, tidak terlalu tipis sehingga kuat.

Jangan lupa juga untuk memastikan angin pada kendaraan memiliki tekanan yang pas. Ban kempes atau juga terlalu keras membuat stang tidak stabil. Sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Kondisi velg rusak

Penyebab kedua bisa juga berasal dari velg motor. Ada beberapa kondisi velg yang membuat stang motor jadi goyang. Pertama adalah velg bengkok karena sebelumnya motor pernah terjatuh atau mengendarai dalam kondisi ban kempes.

Kedua adalah karena velg retak yang membuat kondisinya tidak stabil ketika berjalan. Ada cara yang bisa digunakan untuk melihat kondisi velg ini. Standarkan motor dengan standar dua, kemudian putar roda dan lihat dari arah depan atau belakang.

Apabila velg yang berputar terlihat bergoyang artinya ada masalah pada velg, entah itu karena retak atau bengkok. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya yang baru.

Anda tidak bisa mempertahankan dan menggunakan velg bengkok atau hanya dengan menambal bagian retakan. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan velg yang ukurannya tepat.

Komstir yang mulai longgar

Cara memperbaiki stang motor goyang karena masalah komstir ini adalah mengganti dengan yang baru. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki komstir yang sudah longgar. Bahkan dengan memberikan pelumas pun tidak akan berpengaruh.

Bearing roda longgar
Kerusakan yang terjadi pada bearing roda ini biasanya terdapat pada bantalan peluru bulat di dalamnya yang pecah. Cara mengecek apakah bearing roda yang menjadi penyebab stang motor goyang adalah dengan menggoyangkan roda ke arah kiri dan kanan.

Ketika roda terasa tidak kencang setelannya maka bearing pasti rusak dan stang motor pun goyang. Jika memang ini adalah masalahnya, maka segera ganti bearing roda dengan yang baru. Karena sama seperti komstir, ketika longgar maka tak bisa diperbaiki lagi.

Untungnya biaya komponen ini tidak terlalu mahal, jadi Anda tidak perlu khawatir soal biaya penggantian.

Segitiga dudukan motor

Cara untuk mengetahui jika segitiga dudukan motor yang jadi penyebabnya adalah dengan mengeceknya langsung. Gunakan alat ukur fuller untuk mengukur kesejajaran dudukan segitiga motor tersebut di tempat yang datar.

Apabila muncul bagian yang tidak sejajar maka harus segera diperbaiki. Cara memperbaiki stang motor goyang karena masalah ini adalah dengan pergi ke bengkel resmi. Dudukan tersebut akan dipress, sehingga posisinya bisa kembali seperti semula.

Shockbreaker Bermasalah
Cara memperbaiki stang motor goyang karena masalah shockbreaker ini perlu dilakukan di bengkel. Teknisi bengkel akan langsung memperbaikinya, baik itu mengencangkan bantalan karet atau mengembalikan posisi shockbreaker seperti semula.

Stang pada motor adalah bagian yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan laju motor. Tanpa stang Anda tentu sulit untuk mengendarai, bahkan mobil sekalipun. Apabila Anda mengalami stang motor goyang dan perlu mengganti salah satu komponen jangan lakukan sendiri.(skt)
×
Berita Terbaru Update