Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Vapour Hidrogen untuk Motor dan Mobil, Nambah Tenaga

Sabtu, 27 Maret 2021 | 16:47 WIB Last Updated 2023-01-31T16:54:44Z
Sahabat-Otomotif.Com - Kata orang Jawa, “Pengen Makaryo,nggawe sesuatu". Keinginan berbuat sesuatu yang bermanfaat adalah dasar dari sesorang menciptakan inovasi. Termasuk pembuatan generator hidrogen ini.


Namun ingat, sesuatu yang diniatkan baik belum tentu diterima banyak orang. Jadi jangan lupa ngopi, santai, dan bersyukur kepada yang Maha Kuasa. Just Do it Yourself (DIY). Produk ini sudah lama admin buat, yakni sekitar tahun 2012. Di sebuah kostan yang saya juluki Diagon Alley, karena harus masuk gang sempit dulu. Terletak di Desa Babakan Tengah, Kecamatan Dramaga, Bogor.


Beberapa teman mengakui kostan itu penuh inspirasi. Terbukti sudah dua orang teman yang menginap di situ dan berhasil menyelesaikan skripsinya. Sebenarnya prinsip simbiosis mutualisme yang berlaku. “Bekerjasamalah, maka kamu akan beruntung”. Atau contoh lain ketika shalat berjamaah, pahalanya lebih besar. Singkat kata saat itu, admin sedang ada masa senggang.


Untungnya, sudah punya referensi di kepala, hasil browsing di internet. Yaitu tentang pembuatan Generator Hidrogen untuk mendongkrak tenaga mesin pembakaran dalam (ICE: Internal Combustion Enfgine). Generator Hidrogen yang diperkenalkan salah satunya oleh Pak Joko. Ntah, siapa dia yang jelas referensinya jelas sekali di jaman Kaskus, dengan sapaan agan.


Kebetulan ada barang-barang bekas sisa ekspedisi ke pedalaman Kalimantan Tengah. Ada baterai, dan center yang rusak. Dulu tahun 2010, senter itu tiba-tiba rusak karena dibawa nyenter hutam rimba seraya nanyi-nyanyi tengah malam, sementara itu adalah wilayah itu pedalaman Kalimantan yang dikuasai katanya dikuasai orang sakti dan demit sakti. Ntah ada kaitannya atau nggak.


Kembali ke laptop, kemudian dirangkailah sebuah generator hidrogen. Tabung dari aqua botol, batre besar 3 buah, elektrode dari copotan besi konduktor senter, dan kabel, serta air dengan katalis garam. Intinya air campur garam disetrum. Dengan begitu keluar gas hidrogen (H) dan oksigen (O), hasil memecah air (H2O). Terbukti, di air keluar gelembung kayak sprite atau minuman bersoda lainnya. Kemudian saya uji coba, yakni dengan melubangi tutup botol. Lalu membebatkan tas kresek membentuk sebuah jalinan seperti balon kecil menutupi kepala botol yang berlubang. Saya beri waktu 3 menit dan kemudian saya bakar balonnya dengan korek. Ternyata “bssstt” ada ledakan kecil dan nyala api kuning tua. Perlu diketahui spektrum api hidrogen adalah kuning tua.


Setelah yakin, admin mulai belanja part-part generator hidrogen untuk dipasang ke motor. Semurah mungkin, karena konsep yang diusung Murmerceng. Maka saat pasar kaget hari Minggu dibelilah botol minuman. Lebih mirip gelas besar yang punya tutup bersedotan, dan jalinan sedotan itu jika disematkan pada 2 lubang akan membentuk cangklongan sehingga mudah dijinjing.


Selanjutnya beli sendok besi monel yang tipis dan gampang meleot. Beli baut dan ringnya, kabel, dan selang yang biasanya untuk aquarium. Sekitar Rp 60 ribu biaya belanjanya. Pas sampe di kostan, admin bingung, kekurangan alat untuk menggarapnya. Jadi alat itu didiamkan dulu menunggu saat yang tepat.


Datanglah masa liburan panjang, admin pulkam ke Kabupaten Probolinggo. Rencananya generator hidrogen itu dirakit di rumah. Begitu tiba, admin langsung ambil perkakas. Pertama, sendok dulu dilubangi ujung gagangnya dengan paku. Kemudian ujung itu dibengkokkan berbentuk L terbalik. Diambil ban dalam sisa, digunting bentuk ring. Kemudian tutup botol plastik itu dilubangi.


Maka dibautlah dua batang sendok pada tutup plastik. Selanjutnya modifikasi selang. Selang yang menancap dibagi dua. Selang #1 pendek, dibiarkan tidak menyentuh air. Selang #2 panjang dibiarkan menjuntai ke dasar botol dan bersentuhan air.


Selang #1 yang pendek dan tidak menyentuh air ditambah selang akuarium yang panjang dan disambungkan ke kotak filter agar tersedot mesin. Selang 2 dibiarkan bebas menghirup udara luar. Tutup botol yang punya 2 sendok berbaut dirangkai dengan kabel. Kabel dihubungkan dengan kutub plus (+) dan minus (-) aki.



[caption id="attachment_2406" align="aligncenter" width="169"] Rangkaian atau layout vapour hidrogen motor.[/caption]



Namun ngambilnya dari kabel bodi dan rumah kunci kontak. Jadi begitu kontak on generator juga bekerja. Bagian sendok yang disetrum terserah, pokoknya ada satu dialiri plus, satu lagi dialiri minus. Saya longgarkan baut, lilitkan kabel dan kencangkan baut. hasilnya seperti ini.




Setelah dicoba pada motor, ternyata Shogun 110 kebo bisa 120 km/jam (on speedo). Sebelumnya karena udah tua, mesinnya hanya mampu di 110 km/jam. Lumayan bisa mengembalikan tenaganya seperti baru. Semoga bermanfaat. (yy)
×
Berita Terbaru Update