Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

10 Kesalahan Berkendara Motor, Hindari Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Minggu, 19 Desember 2021 | 13:57 WIB Last Updated 2023-01-18T15:40:06Z
Sahabat-Otomotif.Com - Menjadikan motor sebagai kendaraan harian untuk mendukung beragam rutinitas merupakan pilihan banyak orang, barangkali kamu salah satunya. Menjaga dan memastikan motor dalam kondisi layak tentu menjadi hal penting yang tidak akan kamu abaikan, sebab hal ini akan berkaitan dengan keamanan dan keselamatan kamu selama berkendara. Namun selain itu, cara kamu mengendarai motor di jalan raya juga tak kalah pentingnya untuk dicermati dengan baik. Jangan sampai kamu melakukan berbagai kesalahan yang justru bisa mengundang bahaya untuk dirimu dan juga orang lain.

Berikut ini adalah 10 kesalahan yang wajib kamu hindari saat berkendara dengan menggunakan motor:

1. Melawan arah
Apapun alasan kamu untuk melakukan kesalahan yang satu ini sangat patut disayangkan. Berkendara dengan melawan arus merupakan tindakan yang sangat berbaya, terutama jika kamu lakukan di jalan raya yang cukup padat. Bukan hanya untukmu saja, namun hal ini juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya yang datang dari arah depan.

2. Tidak memakai helm
Helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan oleh setiap pengendara dan penumpang kendaraan roda dua. Helm akan melindungi bagian kepala, jika sewaktu-waktu kamu mengalami kecelakaan saat berkendara. Artinya, ketika kamu berkendara tanpa menggunakan helm, maka kamu sedang memberi resiko yang berat pada bagian kepalamu dan ini sangat berbahaya.

3. Menerobos lampu merah
Jangan menerobos lampu merah, bahkan meski jalanan sedang sepi. Hal ini bisa membuat kamu dan pengguna jalan lain menjadi celaka. Budayakan tertib lalu lintas dan menunggu hingga lampu berganti menjadi hijau.

4. Terlalu dekat dengan kendaraan lain
Hindari untuk berada terlalu dekat degan kendaraan lain, terutama yang berada di depan. Hal ini beresiko menimbulkan kecelakaan, jika sewaktu-waktu kendaraan tersebut berhenti / mengerem mendadak.

5. Berbelok mendadak tanpa aba-aba
Berbelok mendadak tanpa aba-aba / lampu merupakan tindakan yang sangat berbahaya, terutama bagi pengendara lainnya yang berada di belakang dan di depan. Biasakan untuk menyalakan lampu sein terlebih dahulu, setidaknya 10 meter sebelum belokan yang kamu tuju. Jika jalan masih padat, maka tunggulah hingga sedikit lengang dan kamu bisa berbelok dengan aman.

6. Menaiki trotoar
Meski jalanan sangat padat dan macet, hindari untuk menaiki bagian trotoar jalan. Hal ini bukan hanya mengganggu pejalan kaki di trotoar, namun juga bisa beresiko menimbulkan kecelakaan atau bahkan kerusakan pada motor hondamu.

7. Berhenti secara mendadak
Berhenti mendadak di tengah jalan juga menjadi hal berbahaya yang wajib kamu hindari. Tindakan ini beresiko membuatmu tertabrak atau bahkan membuat pengguna jalan di belakangmu mengalami kecelakaan karena harus menghindar secara mendadak.

8. Berkendara dalam kondisi mengantuk atau lelah
Berkendara dengan motor membutuhkan konsentrasi, sehingga kamu bisa fokus. Jangan berkendara dalam kondisi mengantuk atau bahkan sekedar lelah, sebab hal ini bisa saja membuatmu celaka.

9. Menyalip dengan ragu-ragu
Menyalip kendaraan yang berada di depan harus dilakukan dengan keyakinan, apalagi di jalanan yang terbilang padat. Hindari untuk menyalip dengan ragu-ragu, sebab hal ini bisa saja membuatmu tertabrak oleh kendaraan lain, baik itu yang berasal dari arah belakang ataupun dari arah berlawanan.

10. Membawa muatan lebih
Jangan membawa muatan barang yang berlebihan, terutama jika ukurannya besar dan membuat aktifitas berkendara menjadi tidak nyaman. Hal yang sama juga berlaku untuk penumpang yang kamu ajak berkendara dengan motor. Muatan yang berlebihan bisa membahayakan kamu dan juga penumpang lain di motormu.

Motor memang memberi kenyamanan lebih ketika digunakan sebagai kendaraan harian. Namun pastikan kamu selalu menghindari berbagai kesalahan ketika berkendara dengan motor ini, sehingga perjalananmu tetap aman dan terkendali dengan baik. (yy/dari berbagai sumber)
×
Berita Terbaru Update