New Xpander Pakai Transmisi CVT Mobil Tambah Irit

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

New Xpander Pakai Transmisi CVT Mobil Tambah Irit

Senin, 02 Januari 2023 | 22:32 WIB Last Updated 2023-01-02T15:34:36Z
  



Sahabat-otomotif.com - Teknologi baru yang disematkan pada Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross diantaranya adalah penggunaan transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Timing). 

Sebagai informasi kalau transmisi CVT ini menggantikan transmisi matic konvensional sebelumnya yang menggunakan torque converter.


Harus diakui kalau sistem transmisi CVT bukanlah teknologi yang benar-benar baru, namun paling tidak sistem transmisi CVT ini merupakan terobosan di industri otomotif, khususnya untuk mobil.


  


 

Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii, sempat mengatakan saat konferensi pers secara virtual kalau beralih ke transmisi CVT karena permintaan konsumen Indonesia.


“Salah satu penyempurnaan dari New Xpander dan New Xpander Cross adalah penyematan (transmisi) CVT yang menggantikan transmisi AT konvensional,” kata Hikaru.


Bila sebelumnya mobil bertransmisi otomatis hanya mengandalkan transmisi AT yang merupakan kepanjangan dari A Torque Converter, saat ini ada transmisi CVT. Di pasar otomotif di Indonesia saat ini sudah banyak yang menggunakan transmisi CVT.


Sebagai informasi transmisi CVT berfungsi untuk menggerakkan transmisi sementara perubahan gigi rasio akan menyesuaikan berdasarkan putaran mesin. Pada sistem transmisi CVT, daya dari mesin disalurkan ke roda melalui sabuk baja yang menghubungkan drive pulley dan driven pulley yang didorong sistem pompa fluida.


   



Sehingga tenaga yang disalurkan lebih sempurna pada dua roda menyesuaikan perubahan kecepatan dan torsi secara tepat. Itu sebabnya sistem perpindahan gigi di transmisi CVT sangat halus, tak ada hentakan seperti yang biasa dirasakan pada transmisi AT.


Dengan mengandalkan sabuk baja dan puli, transmisi CVT juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh transmisi AT konvensional.

Pada transmisi CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan friksi yang sedikit mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan. Selain itu transmisi CVT ini bisa memberikan daya engine brake yang lebih besar, tanpa harus shifting termasuk pada saat jalanan menanjak.


Satu lagi keunggulan dari transmisi CVT ini adalah kecilnya terjadi power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih karena rpm lebih stabil. Ini sebabnya menggunakan transmisi CVT akan memberikan keuntungan lebih hemat bahan bakar.


Akan tetapi efisiensi ini sangat dipengaruhi gaya mengemudi masing-masing pengemudi dan kondisi jalan yang berbeda. Inilah yang akan sangat memengaruhi konsumsi bahan bakar pada kendaraan.


Penggunaan transmisi CVT pada New Xpander dan New Xpander Cross juga memberikan sensasi berkendara yang berbeda dari model sebelumnya. Terlebih dengan raihan efisiensi bahan bakar yang ditawarkan oleh transmisi CVT lebih baik dan ramah lingkungan.


Transmisi CVT di Mitsubishi New Xpander dan juga New Xpander Cross ini diciptakan dengan masa pakai yang lama. Bahkan transmisi CVT ini bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah.(skt)