// , Sahabat Otomotif <data:blog.pageName/> Indeks Postingan | <data:blog.title/> Halaman tidak ditemukan <data:blog.pageName/>

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Pos

Sudah Tahu? Begini Lho Fungsi Air Radiator

Selasa, 23 Maret 2021 | 14:38 WIB Last Updated 2023-01-31T16:54:44Z
Sahabat-otomotif.com - Air radiator mempunyai peran penting untuk kendaraan. Bukan hanya mobil, kendaraan roda dua juga ada yang mempunyai komponen air radiator, dan ini menjadi salah satu bagian penting dan cukup esensial.

Air radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin agar tidak mengalami kondisi overheat yang bisa memperburuk kondisi kendaraan.

Anda harus tahu bila motor yang sering mengalami overheat akan berdampak buruk. Menghindari hal ini, Anda membutuhkan komponen air radiator untuk mendinginkannya.

Selain berfungsi sebagai penjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Senyawa kimia yang terdapat didalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin.

Terbuat perpaduan dua bahan utama, air radiator dapat mencegah logam di dalamnya terhindar dari korosi. Tidak hanya itu saja, air radiator juga digunakan untuk menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang bisa menyebabkannya menjadi kaku.

Namun tak sembarangan untuk mengisi air radiator. Beberapa pengendara motor beranggapan bahwa air mineral bisa menggantikan peran dan posisi air pendingin untuk membuat mesin motor menjadi lebih dingin.

Anggapan lain yang juga sempat terdengar adalah air mineral dapat menggantikan air pendingin dan membuat radiator menjadi lebih tahan karat.

Faktanya, hal ini sangat tidak disarankan. Air mineral memiliki kandungan garam yang notabene dapat menyebabkan karat pada bagian radiator motor. Bagian yang memiliki potensi besar mengalaminya adalah bagian sirip dan kisi radiator.

Karat yang ada pada radiator membuat sirkulasi pendinginan menjadi lebih lambat dan tersumbat. Hasilnya motor akan sering mengalami overheat parah. Namun penggunaan air mineral disarankan bagi Anda yang menggunakan motor untuk balapan.

Warna Asli Air Radiator
Masih banyak yang belum mengetahui dengan benar seperti apa warna asli dari air radiator motor ini. Pada dasarnya, warna pada air radiator tidak memiliki pengaruh pada kualitasnya. Hal ini dikarenakan warna hanyalah simbol yang digunakan oleh produsen dari produk tersebut.

Baik yang berwarna hijau maupun merah, sebaiknya pilih air radiator yang memiliki kandungan Ethylene Glycol tinggi. Bahan inilah yang memiliki pengaruh tinggi pada titik didihnya. Semakin tinggi titik didih dan kemampuan anti karatnya, maka performa dari air radiator tersebut juga semakin tinggi

Bisakah Air Radiator Mobil Digunakan pada Motor? Pertanyaan satu ini cukup sering menghadirkan tanda tanya bagi para pengguna motor. Faktanya, air radiator untuk mobil bisa digunakan pada motor juga. Bukan hanya lebih manjur, air radiator mobil yang digunakan pada motor juga dinilai lebih murah dari segi harga.

Namun, dapat dipastikan bahwa rata-rata harganya tidak sampai Rp 50.000. Harga yang cukup terjangkau untuk keamanan dan kesehatan motor kesayangan Anda. Jangan lupa memperhatikan merek dan jenis motor Anda. Air radiator motor juga harus disesuaikan dengan jenis motor yang Anda gunakan.(*jwp/skt)
Copyright © sahabat otomotif